Kuliah d1

Kuliah D1 Berapa Tahun? Ini Penjelasan Selengkapnya

Pendidikan perguruan tinggi di Indonesia hadir dalam beberapa tingkatan. Tingkatan yang paling banyak peminatnya adalah kuliah S1 yang diselenggarakan dalam kurun waktu 4 tahun. Selain S1, juga ada kuliah D1 yang merupakan kuliah tersingkat. Lantas, kuliah D1 berapa tahun?

Bagi Anda yang ingin tahu berbagai hal tentang kuliah D1 sebagai program pendidikan di ranah perguruan tinggi tersingkat, bisa simak informasi berikut!

Kuliah D1 Berapa Tahun?

Kuliah D1 Berapa Tahun

 

Kuliah D1 berapa tahun? Jawabannya adalah kuliah D1 diselenggarakan dengan masa belajar selama 1 tahun dan paling lama 2 tahun. Kuliah D1 juga disebut sebagai pendidikan vokasi yang menunjang mahasiswa untuk menguasai skill atau keahlian tertentu sesuai bidang materi atau jurusan yang diambil.

Jumlah semester pada pendidikan D1 sebanyak 2 semester saja. Untuk dapat lulus dari kuliah D1, mahasiswa harus menempuh sekurang – kurangnya 32 SKS (Sistem Kredit Semester) dan harus menyelesaikan tugas akhir berupa laporan tugas akhir (TA).

Jika lulus, gelar yang akan didapatkan mahasiswa D1 adalah Ahli Pratama atau A.P. Cukup banyak program studi kuliah D1 di Indonesia yang dihadirkan mulai dari program studi Perpajakan dan Bea Cukai, Manajemen Perhotelan, Kebendaharaan Negara, Kelautan dan Maritim, Teknik Mesin dan masih banyak lagi lainnya.

Selengkapnya tentang pendidikan kuliah D1, baca : Jurusan Kuliah Diploma 1 – Definisi dan Rekomendasi

Baca juga : Kuliah D1 Kelas Karyawan – Penjelasan Lengkap dan Rekomendasi

Keunggulan Kuliah D1 / Pendidikan Vokasi

1. Lebih banyak praktek dibandingkan teori

Kalau lulusan S1 lebih banyak teori dibandingkan praktek, maka lulusan pendidikan vokasi termasuk kuliah D1 merupakan lulusan yang sudah dibekali dengan berbagai macam praktek sesuai dengan program studi yang dipilih.

Ilmu yang didapatkan nantinya tentu dapat menjadi sebuah bekal kompetensi yang sangat baik untuk langsung terjun ke dunia kerja.

2. Belajar sesuai dengan minat

Kurikulum pada pendidikan vokasi termasuk kuliah D1 sangat spesifik. Dengan begitu mahasiswa vokasi dapat mempelajari bidang yang dipilih secara lebih intens untuk mendapatkan profesi yang diinginkan di dunia kerja.

Efisiensi belajar diberikan dan pendidikan vokasi juga menawarkan hasil yang tidak dapat ditawarkan oleh pendidikan sarjana.

Bagi Anda yang ingin menguasai skill dengan memperbanyak praktek dan pengalaman, maka memilih pendidikan vokasi sangat dianjurkan.

3. Meningkatkan hard skill dan soft skill

Melalui komposisi belajar praktek yang lebih banyak dibandingkan pelajaran secara teori, mahasiswa pendidikan vokasi dapat mempelajari bidang yang dipilih secara lebih konkret. Hal tersebut secara otomatis tentu dapat meningkatkan hard skill dan soft skill mahasiswa selama belajar hingga kelulusan.

4. Pendidik berpengalaman

Semua jenjang pendidikan di Indonesia pastinya memfungsikan tenaga pendidik yang kompeten dan berpengalaman, termasuk juga dengan tenaga pendidik atau dosen yang dipersiapkan untuk mengajar pendidikan vokasi di tingkatan tersingkat D1.

Karena itu, tak perlu khawatir dengan ilmu yang didapatkan karena ilmu yang luas akan diberikan tenaga pendidik sesuai bidang program studi yang dipilih.

5. Lulusan pendidikan vokasi banyak dibutuhkan perusahaan

Melalui program Kemenperin link and match yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian, peluang kerja lulusan pendidikan vokasi sama luasnya dengan peluang kerja bagi lulusan sarjana S1.

Program Kemenperin link and match sendiri merupakan sebuah program kerja sama antara pihak sekolah vokasi dengan industri atau perusahaan sehingga lulusan nantinya dapat direkomendasikan untuk bekerja di perusahaan atau industri tertentu yang membutuhkan tenaga kerja tambahan.

6. Siap menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean)

Untuk menghadapi MEA dibutuhkan Masyarakat yang tidak hanya pandai secara teoritis melainkan juga dibutuhkan Masyarakat yang terampil, dan mampu mengeksekusi ide – idenya.

Karena itu lulusan pendidikan vokasi yang sudah digembleng dengan berbagai macam praktek selama duduk di bangku studi akan siap menghadapi MEA. Jika beruntung, Anda juga bisa bekerja di luar negeri.

Atau ingin meningkatkan keterampilan dan skill untuk bekerja di luar negeri dengan sertifikat internasional yang mendukung?

Jika hal tersebut yang menjadi tujuan Anda, Anda bisa belajar skill bersama Mayantara College. Mayantara College merupakan sebuah lembaga kursus online bersertifikasi internasional yang menyediakan berbagai macam bidang kursus.

Setelah lulus, nantinya Anda akan mendapatkan sertifikat internasional yang bisa mendukung langkah Anda untuk switch karir di luar negeri.
Demikian sedikit informasi yang kami dapat bagikan kali ini terkait kuliah D1. Bagi Anda yang bertanya kuliah D1 berapa tahun tentu sudah mendapatkan jawaban dari materi yang kami sampaikan kali ini, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan