perbedaan LPK dan LKP

Perbedaan LPK dan LKP, Ketahui Di Sini!

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan bahkan relasi, pelatihan menjadi suatu hal krusial yang sangat dibutuhkan. LPK dan LKP menjadi lembaga yang menyediakannya. Namun keduanya memiliki perbedaan. Apa saja perbedaan LPK dan LKP?

Berikut kami akan ulas informasinya untuk Anda terkait apa saja yang menjadi pembeda antara LPK dan LKP supaya tidak salah atau keliru. Simak informasinya ya!

Perbedaan LPK dan LKP

perbedaan LPK dan LKP

LPK merupakan kependekan dari Lembaga Pelatihan Kerja. Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) ini merupakan sebuah badan hukum, kepemilikan seseorang, atau instansi pemerintah yang sudah memenuhi syarat untuk dapat menyelenggarakan pelatihan kerja.

LKP merupakan Lembaga Kursus dan Pelatihan yang merupakan satuan pendidikan luar sekolah bertempo singkat yang hadir untuk tujuan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia di Indonesia.

Meski keduanya sama – sama lembaga pelatihan yang populer di Indonesia, akan tetapi keduanya tetap memiliki perbedaan mendasar. Apa sajakah perbedaan LPK dan LKP?

Berikut beberapa aspek yang menjadi perbedaan LPK dan LKP untuk diketahui :

Perbedaan tujuan

LPK (Lembaga Pelatihan Kerja) dihadirkan dengan tujuan utama untuk menyiapkan tenaga kerja yang terampil dengan skill dan kompetensi yang mumpuni sesuai bidang kerja yang akan dilamar.

LPK hadir untuk tujuan mempersiapkan tenaga kerja profesional. Melalui adanya LPK, diharapkan pengangguran di Indonesia dapat diminimalisir dan tenaga kerja terserap secara lebih luas.

Sementara LKP (Lembaga Kursus dan Pelatihan) hadir dengan tujuan utama mempersiapkan sumber daya manusia dengan skill yang mumpuni sesuai bidang kursus yang dipilih untuk bekal mendapatkan pendidikan yang lebih baik di jenjang yang lebih tinggi atau mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dengan sertifikasi yang didapatkan.

Perbedaan pengelolaan

LPK (Lembaga Pelatihan Kerja) berjalan dibawah pengawasan dan aturan Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker), sementara LKP (Lembaga Kursus dan Pelatihan) berada dibawah pengawasan dan naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Sama seperti sekolah yang terdiri atas sekolah negeri dan swasta, LPK dan LKP juga demikian. LPK dan LKP ada yang dikelola pemerintah dan ada yang dikelola swasta.

LPK yang dikelola pemerintah biasanya hadir dengan biaya ringan dan bahkan gratis karena pembiayaannya ditanggung oleh pajak negara. Sementara LPK yang dikelola swasta biasanya memiliki biaya pendaftaran yang lebih tinggi.This article mentions your favorite hats at super low prices. Choose from same-day delivery, drive-up delivery or order pickup.

LKP juga sama. LKP yang dikelola pemerintah pembiayaannya akan ditanggung negara. Salah satunya contohnya adalah program kartu prakerja yang dihadirkan sebagai bagian dari persiapan sumber daya manusia di Indonesia yang memadai.

Sementara LKP yang dikelola swasta, biasanya memiliki harga yang bervariasi tergantung kebijakan pengelola atau penyedia lembaga kursus dan pelatihan tersebut. Mayantara College menjadi salah satu contoh LKP di Indonesia.

Kelebihan LPK

Menjadi bagian dari LPK memberikan banyak keuntungan yang bisa didapatkan di antaranya :

  • Mendapatkan pelatihan skill yang mumpuni sesuai bidang kerja yang diminati
  • Memiliki kesempatan untuk membangun karir sesuai bidang yang diminati
  • Mendapatkan informasi lowongan kerja atau magang
  • Mendapatkan informasi tentang lingkungan kerja yang akan dituju
  • Menjalin relasi yang lebih banyak.

Kelebihan LKP

LPK memiliki kelebihan juga di antaranya :

  • Menjadi sebuah kursus yang dapat meningkatkan skill secara terarah
  • Biaya pelatihan yang terjangkau atau ekonomis, bahkan gratis
  • Memiliki kesempatan yang lebih besar untuk bersaing di ranah yang lebih luas karena skill dan kompetensi yang dimiliki.
  • Menambah teman dan mendapatkan kesempatan networking yang lebih luas.

Bagi Anda yang sedang mencari lembaga pelatihan dan kursus yang tersertifikasi internasional, menawarkan kualitas program pendidikan yang bagus, Anda bisa jadikan Mayantara College sebagai pilihan.

Lembaga kursus bersertifikasi internasional Mayantara ini menyediakan beragam program studi untuk dipelajari mulai dari bahasa, manajemen, teknologi informasi dan komunikasi, pemrograman, dan masih banyak lagi lainnya.

Bersama mayantara, kemampuan dan kompetensi di pasar kerja diharapkan menjadi jauh lebih kompetitif dibandingkan sebelumnya. Jadi, bagi Anda yang sedang mencari lembaga kursus bersertifikasi internasional, Mayantara College tentu bisa menjadi pilihan terbaik Anda.

Akhir kata, semoga informasi di atas tentang perbedaan LPK dan LKP menjadi informasi yang menarik dan bermanfaat khususnya bagi Anda yang membutuhkan informasi tersebut.

Tinggalkan Balasan