SKKNI Pelayanan pelanggan Kemnaker

SKKNI Pelayanan Pelanggan yang Perlu Dipahami

SKKNI atau Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia, merupakan sebuah standarisasi aturan kerja yang ditetapkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia untuk menghasilkan tenaga kerja profesional. Banyak bidang yang diatur dalam SKKNI Kemnaker termasuk SKKNI Pelayanan Pelanggan.

Apa yang dimaksud dengan SKKNI pelayanan pelanggan? Mari kita membahas secara bersama – sama dalam ulasan berikut!

SKKNI Pelayanan Pelanggan

SKKNI Pelayanan pelanggan Kemnaker

SKKNI atau Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia secara umum hadir sebagai acuan kompetensi untuk mendisiplinkan karyawan atau pegawai yang bekerja di sebuah perusahaan, badan usaha, instansi, dan sebagainya.

Sementara SKKNI pelayanan pelanggan secara khusus ada, guna melatih setiap karyawan atau pegawai yang pekerjaannya berkaitan dengan pelayanan terhadap pelanggan. Karyawan juga akan dilatih untuk menyikapi pelanggan dengan baik dan bijak melalui pelatihan yang nantinya akan diterbitkan sertifikat jika lulus uji kompetensi yang diberikan.

Ada beberapa instrumen penting yang diperhatikan Kemnaker di dalam penetapan aturan kompetensi SKKNI pelayanan pelanggan, di antaranya :

1. Melayani kebutuhan informasi pelanggan

Untuk dapat melayani kebutuhan informasi pelanggan dengan baik, karyawan harus tahu tugas pokoknya dalam pekerjaan yang diemban itu apa.

Dalam hal ini, karyawan perlu memiliki kemampuan untuk menghadapi pelanggan dengan baik dan ramah baik secara langsung atau via chat dan telepon, menanyakan apa yang dibutuhkan dan bersiap membantu kebutuhan mereka, mampu mengklasifikasi kebutuhan pelanggan, dan menindaklanjutinya dengan baik.

2. Melaksanakan dan mengevaluasi program loyalitas pelanggan

Program loyalitas pelanggan dihadirkan untuk membuat pelanggan nyaman bertransaksi di suatu usaha terus menerus dan berkelanjutan.

Karena itu dalam SKKNI pelayanan pelanggan, karyawan akan diarahkan dan diuji untuk memiliki keterampilan pengelolaan terhadap program loyalitas pelanggan sesuai standar SKKNI yang ditetapkan.

3. Mengukur tingkat kepuasan pelanggan

Kompetensi ini mencakup berbagai pengetahuan, sikap kerja, dan keterampilan yang dibutuhkan karyawan untuk mengetahui seberapa puas pelanggan dengan produk dan pelayanan yang diberikan.

Di dalamnya juga berisi cara karyawan mempertanyakan kepuasan pelanggan dengan survey singkat yang dilakukan dengan baik dan sopan terhadap pelanggan.

4. Kemampuan menangani keluhan pelanggan

Kemampuan menangani keluhan pelanggan merupakan suatu kompetensi SKKNI pelayanan pelanggan yang mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang dilakukan karyawan ketika menghadapi komplain.

Karyawan tidak boleh menghadapi komplain dengan jutek, apalagi menunjukkan sikap kurang etis terhadap pelanggan. Karyawan harus dapat berada di pihak menjembatani keluhan atau komplain pelanggan dengan baik, menindaklanjutinya dan memberikan solusi yang solutif.If you are looking for bracelet. There’s something to suit every look, from body-hugging to structured, from cuffs to chain chain bracelet and cuffs.

5. Mengelola data pelanggan

Setiap badan usaha atau perusahaan perlu memiliki database pelanggan meski dalam kondisi seminimal mungkin. Database tersebut diperlukan untuk mengidentifikasi pelanggan, produk yang dijual, apa yang disukai pelanggan dan apa yang tidak disukainya.

SKKNI pelayanan pelanggan merupakan suatu standar kompetensi agar karyawan memiliki kemampuan dan keterampilan pengelolaan data pelanggan secara baik, mampu memelihara, menganalisis, dan menggunakan data tersebut untuk kepentingan perkembangan perusahaan.

6. Menyusun data pelanggan

Menyusun data pelanggan merupakan hal penting yang bidang kerjanya terdiri atas pengumpulan data sampai dengan pembuatan laporan data pelanggan yang nantinya digunakan untuk memperbaiki layanan pelanggan dan mengembangkan layanan perusahaan terhadap pelanggan.

Semua pengetahuan dan keterampilan terkait pelayanan pelanggan sejatinya juga berkaitan dengan program studi manajemen yang bisa dipelajari di bangku diploma, jenjang sarjana, atau kursus dan pelatihan manajemen bisnis.

Jika Anda ingin mendapatkan pengetahuan dan keterampilan pelayanan pelanggan dalam kursus dan pelatihan manajemen bisnis, Anda bisa memilih Mayantara College sebagai tempat kursus terbaik. Selain kursus dan pelatihan manajemen bisnis, Mayantara College juga menyediakan berbagai kursus lain untuk meningkatkan kompetensi dan skill seperti kursus teknologi informasi, pemrograman, bahasa dan lainnya.

Tertarik untuk bergabung menjadi bagian dari Mayantara College? Hubungi kami di sini.

Demikian informasi yang kami dapat bagikan terkait SKKNI pelayanan pelanggan. Semoga informasi yang kami bagikan di atas menjadi informasi yang menambah wawasan dan membawa manfaat.

Tinggalkan Balasan